Rabu, 21 Mei 2014

Kondisi Geografi Secara Umum Kota Bandung

KONDISI GEOGRAFI SECARA UMUM
 
Kota Bandung terletak tepat di jantung pulau Jawa bagian barat. Lokasinya berada di sebuah cekungan (plateau), di sebuah daratan tinggi yang memanjang secara horizontal dan dikenal dengan nama Priangan atau Parahyangan (gabungan antara bahasa Sunda dan Jawa Kuno, Para = RUMAH, Hyang = dewa, atau Rumah Dewa ). Di sekeliling cekungan Bandung, berjejal perbukitan dan pegunungan bertanah vulkanik yang subur serta memiliki panorama alam yang spektakuler, dengan ketinggian antara 986 m (Gunung Lalakon) hingga 2.665 m (Gunung Papandayan).

Bandung berada di koordinat 6’54, Lintang selatan 107 36 Bujur Timur. Ketinggian pada umumnya 768 meter di atas permukaan laut, dengan titik tertinggi di bagian utara kota, 1.055 mdpl, dan titik terendah di bagian selatan kota, 675 mdpl. Dengan kondisi geografis itu, Bandung mengalami iklim tropis yang dipengaruhi iklim pegunungan yang sejuk dan lembab. Sebagian besar hujan turun antara bulan Oktober hingga Maret, sedangkan musim kemarau berlangsung anatara bulan April dan September - walau dalam beberapa tahun terakhir kondisi ini sudah tidak sesuai lagi. Suhu udara rata-rata adalah 23,5 C (dengan kisaran suhu pada umumnya anatara 18 C hingga 29 C) dan kelembaban rata-rata 76 %. Curah hujan rata-rata adalah 1.182,6 mm per tahun dengan hari hujan rata-rata 21,3 hari per bulan.

Bandung merupakan nama sebuah wilayah kota sekaligus kabupaten. Kota Bandung, secara administratif, memiliki fungsi sebagai ibu kota Provinsi Jawa Barat, republic Indonesia. Luas wilayahnya 167,45 km. dengan jumlah penduduk 2.455.517 jiwa (sensus 2012), atau lebih dari delapan juta jiwa ketika warga Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi dijumlahkan seluruhnya. Dengan perbandingan wilayah dan populasi tersebut (14,676 jiwa/km), Bandung termasuk dalam 10 kota terpadat di Indonesia. Saat ini, Bandung adalah kota terbesar ke-3 di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Bandung juga merupakan satu-satunya ibu kota Provinsi di Indonesia yang berlokasi jauh dari pantai, atau berada di wilayah pedalaman (hinterland).

Sebagai ibu kota Provinsi Jawa Barat, Bandung memiliki peran penting di bidang pemerintahan, ekonomi, social, dan budaya. Pada awal abad ke-21 ini, pamor Bandung dalam skala Nasional bertambah dengan berkembangnya industri kreatif di kota ini, menambah sejumlah predikat yang telah melekat selama beberapa decade sebelumnya sebagai kota industri (utamanya tekstik dan pengolah makanan), Pendidikan, dan jasa. Selain itu, dengan lokasi yang tidak terlalu jauh dari Jakarta (132 km via Tol Cipularang), Bandung selalu menjadi tujuan Favorit bagi pengunjung asal ibu kota dan sekitarnya.

Sumber : Buku Telusur Bandung - Karya Teguh Amor Patria
 

Copyright © Hotel di Bandung | HDG Team | Powered by Blogger | Design By Hotel di Garut