Senin, 27 Juli 2015

Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Tangkuban Perahu atau Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung dengan sejarah yang cukup banyak memiliki pesan moral, yaitu legenda sangkuriang yang jatuh cinta kepada ibunya sendiri. Gunung Tangkuban perahu terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 Kilometer kearah kota bandung. Terdapat banyak pohon pinus dan hamparan kebun teh yang luas disekitar Gunung Tangkuban Perahu. Gunung Tangkuban Perahu memiliki ketinggian sekitar 2.084 Kilometer.







Nama Gunung Tangkuban Perahu sendiri sebenarnya tidak terlepas dari sejarahnya, yang dari sejarahnya itu disebutkan bahwa asal usul mula Tangkuban Perahu dikaitkan dengan legenda sangkuriang, yang dikisahkan jatuh cinta kepada ibunya sendiri. Dayang Sumbi/Rasasati. Untuk mencegah niat dari anaknya tersebut Dayang sumbi memberikan syarat kepada sangkuriang yang tidak dapat dipenuhi sangkuriang yaitu membuatkan sabuah talaga dan sebuah perahu dalam satu malam, namun sebenarnya sangkuriang bisa menyelesaikan permintaan ibunya tersebut dengan bantuan para jin. 
 
Ketika Dayang sumbi mengetahui sangkuriang dapat menyelesaikan permintaanya tersebut, Dayang sumbi akhirnya mempunyai sebuah cara untuk menggagalkan usaha anaknya tersebut dan ternyata usahanya itu berhasil. Ketika sangkuriang gagal dengan usahanya untuk membuat sebuah talaga dan sebuah perahu, sangkuriang marah dan menendang perahu itu sehingga mendarat disebuah lereng gunung dalam keadaan terbalik. Perahu inilah yang akhirnya membentuk tangkuban perahu dan karena bentuknya menyerupai tangkuban perahu disebuah lereng dan lereng tersebut lama kelamaan berubah menjadi besar, akhirnya masyarakat menyebutnya dengan nama Gunung Tangkuban Perahu.





 
Tempat ini sekarang menjadi salah satu destinasi tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik. Banyak juga wisatawan asing yang datang ketempat ini. Selain dari tempatya yang cukup nyaman, salah satu daya tarik wisata tempat ini adalah sejarah yang tedapat di gunung ini. Banyak wisatawan domestik maupun wisatawan asing yang ingin mengetahui sejarah tempat ini dengan menelusuri kawasan tempat ini. Selain itu, Gunung Tangkuban Perahu ini juga merupakan salah satu Gunung aktif yang statusnya diawasi terus oleh Direktorat Vulkanologi Indonesia
 

Copyright © Hotel di Bandung | HDG Team | Powered by Blogger | Design By Hotel di Garut